Cari artikel

Loading

Berbagai Aplikasi yang Ada di Internet

Apasajakah layanan yang dapat diperoleh dari internet?. Berikut beberapa layanan yang dapat diperoleh dari internet :

1.      World Wide Web
WWW adalah dokumen-dokumen internet yang disimpan di server-server yang terdapat di seluruh dunia. Dokumen tersebut dibuat dengan menggunakan format HTML (Hypertext Markup Language). HTML mempunyai kemampuan untuk menghubungkan (link) sebuah dokumen dengan dokumen lain.

2.      Electronic Mail (E-Mail)
Aplikasi internet untuk sarana komunikasi surat-menyurat dalam bentuk elektronik. Dengan email kita dapat mengirimkan tulisan, file dokumen, gambar dan sebagainya. Email dapat diterima sesaat setelah dikirim.
 
3.      Mailing List
Mailing List (milis) adalah Aplikasi internet yang digunakan sebagai sarana diskusi atau bertukar informasi dalam satu kelompok melalui e-mail. Setiap email yang dikirim ke alamat milis akan dikirimkan ke seluruh alamat emailyang terdaftar sebagai anggota milis tersebut.

4.      Newsgroup
Aplikasi internet yang digunakan untuk berkomunikasi satu sama lain dalam sebuah forum. Sarana yang mungkin dapat digunakan adalah berupa media multimedia (audio-visual) dengan menggunakan fasilitas video conferencing, ataupun text saja atau text dan audio dengan menggunakan fasilitas chat.

5.      Internet Relay Chat (IRC)
Aplikasi internet yang digunakan untuk bercakap-cakap di internet yang lebih dikenal dengan istilah chating. Chatting dilakukan dengan cara mengetik apa yang ingin kita katakan  kepada teman chatting kita kemudian mengirimkannya dalam bentuk teks.

6.      File Transfer Protocol (FTP)
Aplikasi internet yang digunakan untuk mengirimkan atau mengambil file ke atau dari komputer lain. FTP sering digunakan untuk mencari dan mengambil (download) arsip file di suatu server di internet. FTP juga digunakan untuk meng-upload file sehingga bisa diakses oleh pengguna dari seluruh pelosok dunia.
 
7.      Telnet
Aplikasi internet yang digunakan untuk mengakses komputer yang letaknya jauh.  Telnet dapat kita lakukan jika kita mengetahui alamat IP (IP Address) dari komputer yang akan diakses dan kita harus mempunyai hak akses (User ID dan password)

8.      Gopher
Aplikasi internet yang digunakan untuk mencari informasi yang ada di internet. Informasi yang dicari hanya sebatas pada teks saja.

 9.     Ping
Ping (Packet Internet Gopher) digunakan untuk mengetahui apakah komputer yang kita gunakan terhubung (terkoneksi) dengan komputer lain di internet.

10.  VoIP (Voice over Internet Protocol)
VoIP adalah layanan untuk menelfon melalui internet. Cara ini dapat menghemat pulsa interlokal/internasional karena akses internet hanya menggunakan pulsa telfon lokal

2 comments:

candra ninis viky salma said...

terimakasih infonya min ^^
ini sangat membantu kami dalam mengerjakan tugas tik ~

Unknown said...

permisi ka.... mau numpang promo siapa tau bisa sharing tentang komputer
http://www.asianbrilliant.com

kursus komputer via online

Post a Comment

NARYSA. Powered by Blogger.
 
Home | Gallery | Tutorials | Freebies | About Us | Contact Us

Copyright © 2009-2014 NARYSA's blog |Designed by Templatemo |Converted to blogger by BloggerThemes.Net

Usage Rights

DesignBlog BloggerTheme comes under a Creative Commons License.This template is free of charge to create a personal blog.You can make changes to the templates to suit your needs.But You must keep the footer links Intact.