Cari artikel

Loading

Pengertian Jaringan Komputer


Jaringan komputer  adalah  kumpulan dua  atau  lebih  perangkat komputer yang saling terhubung  dan   memungkinkan   terjadinya   pemakaian   bersama  sumber  daya  dan komunikasi data secara langsung.


Di dalam jaringan yang terhubung ke intranet atau internet  terdapat server  dan client. Komputer  server  berfungsi  untuk  melayani  pengiriman dan penerimaan data   dari  komputer-komputer  lain  yang ada di dalam  jaringan, dengan kata lain komputer server berfungsi untuk mengatur aliran data dalam jaringan, dan mengatur pemakai komputer  dalam menggunakan perangkat lunak (software) ataupun perangkat keras(hardware). Selain itu komputer server  juga    berfungsi    sebagai    penyedia   sumber   (berupa data, program, file dll)  yang dibutuhkan oleh komputer-komputer client.

Di dalam sistem jaringan, client adalah perangkat yang akan terhubung ke jaringan, kadang-kadang pemakai komputer disebut juga client. Komputer client hanya dapat mengakses informasi atau layanan di komputer server tersebut. Komputer client tidak menyediakan informasi atau layanan apapun yang dapat diakses oleh komputer lain di internet. Agar proses pertukaran data itu sesuai dengan yang diharapkan oleh pengguna, di antara server dan client terdapat jembatan penghubung yang dinamakan protocol komunikasi.

1 comments:

Unknown said...

thankss infonya

Post a Comment

NARYSA. Powered by Blogger.
 
Home | Gallery | Tutorials | Freebies | About Us | Contact Us

Copyright © 2009-2014 NARYSA's blog |Designed by Templatemo |Converted to blogger by BloggerThemes.Net

Usage Rights

DesignBlog BloggerTheme comes under a Creative Commons License.This template is free of charge to create a personal blog.You can make changes to the templates to suit your needs.But You must keep the footer links Intact.